"CARA MERAWAT MOTOR DIMUSIM HUJAN"
Selamat siang sahabat bikers, apa kabar nih???
Bagaimana kondisi cuaca di tempat masing??
Klo ane liat2 nieee alias ane terawang2, hehehe Lebay bin Alay dikit sahabat bikers biar tidak terlalu tegang ntar mempercepat proses pengapuran tulang lagi kan cepat tua jadinya (kok jd bahas tulang sih... ) lanjuuuuutttt...
Musim hujan telah tiba bahkan hujan sebentar saja sudah banjir lagi, jd saatnya sahabat bikes berhati2 saat berkendaraan disaat hujan, tapi sahabat bikers tidak perlu takut beraktifitas ditemani motor kesayangannya dengan alasan takut rusak dan macet terkena air karena sebagai bikers kita wajib tau cara mengatasi hal tersebut agar tidak menganggu aktifitas kita.
Jadi sahabat bikers komponen yang wajib diwaspadai saat motor terkena banjir adalah kabel, sebab kelistrikan ini sangat sulit dibersihkan, bisa jadi sahabat bikers akan mengurut ulang kelistrikan motor. Tapi jangan panik dulu kami akan memberikan solusinya.
1. Matikan motor
Saat motor teremdam air segeralah matikan motor. Kemudian dorong motor dari genangan air. Jangan coba hidupkan karena akan memperparah komponen di ruang bakar. Cara membersihkan komponen listrik tersebut dengan memberikan ruang terbuka. Setelah itu semprot dengan kompresor angin dan keringkan.
2. Buka mesin
Cara ini untuk membersihkan crankcase, kopling, silinder serta kepala silinder. Gunakan cairan bensin untuk membersihkannya. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali penutup komponen-komponen tersebut.
3. Ganti oli
Jangan lupa mengganti oli mesin. Sebelum menuangkan oli baru, sebaiknya pastikan mesin benar-benar kering dari air dan kotoran.
4. Rantai
Bersihkan rantai dengan bensin pasca terendam air dan lumasi dengan pelumas khusus rantai. Pasalnya air hujan berpotensi membuat rantai cepat karat.
5. Rem tromol
Rem tromol paling rentan rusak setelah motor terendam air. Buka dan bersihkan bagian-bagian terpenting.
Sahabat bikers motor yang kita pakai sehari-hari memiliki komponen
elektrikal yang memiliki banyak fungsi. Mulai membantu ketika akan menghidupkan
motor, sampai untuk penerangan ketika malam hari. Setiap kabel mempunyai warnya
sesuai dengan fungsinya masing-masing. Nah berikut akan kami berikan informasi
mengenai arti warna kabel listrik pada
motor. Semoga bisa menambah pengetahuan anda.
Ini hanya panduan dasar karena Warna kabel pada setiap merk motor berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif(+) dan negatif (-).
Berikut arti warna kabel kelistrikan pada sepeda motor :
1. HONDA
Hijau : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem
2. YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem
3. SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri
4. KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson
Semoga informasi tentang Arti warna kabel listrik motor di atas bisa bermanfaat bagi sahabat bikers
Selamat siang sahabat bikers, apa kabar nih???
Bagaimana kondisi cuaca di tempat masing??
Klo ane liat2 nieee alias ane terawang2, hehehe Lebay bin Alay dikit sahabat bikers biar tidak terlalu tegang ntar mempercepat proses pengapuran tulang lagi kan cepat tua jadinya (kok jd bahas tulang sih... ) lanjuuuuutttt...
Musim hujan telah tiba bahkan hujan sebentar saja sudah banjir lagi, jd saatnya sahabat bikes berhati2 saat berkendaraan disaat hujan, tapi sahabat bikers tidak perlu takut beraktifitas ditemani motor kesayangannya dengan alasan takut rusak dan macet terkena air karena sebagai bikers kita wajib tau cara mengatasi hal tersebut agar tidak menganggu aktifitas kita.
Jadi sahabat bikers komponen yang wajib diwaspadai saat motor terkena banjir adalah kabel, sebab kelistrikan ini sangat sulit dibersihkan, bisa jadi sahabat bikers akan mengurut ulang kelistrikan motor. Tapi jangan panik dulu kami akan memberikan solusinya.
1. Matikan motor
Saat motor teremdam air segeralah matikan motor. Kemudian dorong motor dari genangan air. Jangan coba hidupkan karena akan memperparah komponen di ruang bakar. Cara membersihkan komponen listrik tersebut dengan memberikan ruang terbuka. Setelah itu semprot dengan kompresor angin dan keringkan.
2. Buka mesin
Cara ini untuk membersihkan crankcase, kopling, silinder serta kepala silinder. Gunakan cairan bensin untuk membersihkannya. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali penutup komponen-komponen tersebut.
3. Ganti oli
Jangan lupa mengganti oli mesin. Sebelum menuangkan oli baru, sebaiknya pastikan mesin benar-benar kering dari air dan kotoran.
4. Rantai
Bersihkan rantai dengan bensin pasca terendam air dan lumasi dengan pelumas khusus rantai. Pasalnya air hujan berpotensi membuat rantai cepat karat.
5. Rem tromol
Rem tromol paling rentan rusak setelah motor terendam air. Buka dan bersihkan bagian-bagian terpenting.
Ini hanya panduan dasar karena Warna kabel pada setiap merk motor berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif(+) dan negatif (-).
Berikut arti warna kabel kelistrikan pada sepeda motor :
1. HONDA
Hijau : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem
2. YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem
3. SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri
4. KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson
Semoga informasi tentang Arti warna kabel listrik motor di atas bisa bermanfaat bagi sahabat bikers
Tidak ada komentar:
Posting Komentar